-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Nyaman Berkendara, Pahami Fungsi Dan Cara Kerja Oli Pada Mesin Motor

Gimson Sitanggang, SE
18 April 2024, 10:39 WIB Last Updated 2024-04-18T03:39:47Z

Nyaman Berkendara, Pahami Fungsi Dan Cara Kerja Oli Pada Mesin Motor

Sumut | buser-investigasi.com

Motor yang prima membutuhkan dukungan maksimal dari setiap komponen yang dimilikinya. Seperti halnya dukungan dari oli yang memiliki peranan penting untuk melumasi seluruh bagian-bagian terkecil dari komponen yang ada di dalam mesin, terutama semua komponen yang bergerak bergesekan, agar tidak terjadi pengikisan akibat benda yang saling bergesekan. Selain untuk meredam panas mesin, oli juga berfungsi meredam suara. Jika oli mesin kurang, maka sudah pasti aneka suara dari mesin akan bermunculan. 


Ewrin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, setiap pengendara perlu mengetahui fungsi dan cara kerja oli pada mesin motor dalam mendukung terciptanya kenyamanan berkendara. Menurutnya, cara kerja oli ibarat peredaran darah dalam tubuh, di mana layaknya jantung yang memompa darah agar mengalir ke seluruh tubuh.


Menurut Erwin, sebelum oli dipompa untuk mengalir ke seluruh komponen, oli lebih dulu harus melewati filter oli yang akan menjamin bahwa oli yang akan menjadi bantalan gesekan bersih dari gram-gram sisa gesekan mesin atau benda asing lainnya.


Setelah melalui filter, oli akan mengalir masuk ke saluran atau celah-celah komponen mesin dan sebelum kembali ke pompa oli ada beberapa type mesin yang memiliki pendingin oli (oil Cooler), di sini oli akan didinginkan terlebih dahulu sebelum mengalir kembali ke karter mesin lanjut masuk ke ruang pompa oli lalu dialirkan lagi kedalam mesin.


Erwin Chandra menambahkan, pengendara juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli. Jika warna oli berubah jadi hitam pekat, itu pertanda oli sudah bercampur dengan sisa kerak pembakaran yang menempel didinding mesin, dan hal ini bisa menjadi salah satu tanda untuk segera mengganti oli motor kesayangan. 


Untuk memastikan setiap komponen pada motor dalam kondisi prima, maka sebaiknya lakukan perawatan berkala di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja maksimal untuk mendukung #cari_aman di jalan. (Ed)

Komentar

Tampilkan

  • Nyaman Berkendara, Pahami Fungsi Dan Cara Kerja Oli Pada Mesin Motor
  • 0

Terkini

Topik Populer