-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Ngaku Ditipu Travel, Belasan Jemaah Umrah di Asahan Batal ke Tanah Suci

Gimson Sitanggang, SE
25 Mei 2024, 18:30 WIB Last Updated 2024-05-25T11:30:09Z

Ngaku Ditipu Travel, Belasan Jemaah Umrah di Asahan Batal ke Tanah Suci


ASAHAN | buser-investigasi.com

Belasan warga Air Joman, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) mengaku menjadi korban penipuan agen travel umrah karena sudah berulang kali mengalami penundaan keberangkatan.


Padahal, para jemaah ini sudah melakukan manasik hingga pelunasan pembayaran sejak 15 Maret 2024 lalu dan dijanjikan akan berangkat mulai tanggal 16 April kemudian ditunda beberapa kali di bulan Mei hingga terakhir dijanjikan lagi akan berangkat tanggal 27 Juli 2024.


"Kasihan para jemaah ini, mereka sudah malu. Karena ada yang sudah bikin acara syukuran di keluarga, di perwiritan, bolak balik dijanjikan berangkat tapi tak jadi-jadi. Bahkan ada salah satu jemaah sekitar dua minggu lalu meninggal dunia karena depresi karena tak jadi berangkat," kata Noni Daulay, salah satu koordinator jamaah umrah, Kamis (23/5/2024).


Noni mengatakan, ia menjadi koordinator salah satu agen travel umrah bernisial AM. Ada sebanyak 12 orang jemaah yang dihimpunnya untuk berangkat namun selalu ditunda-tunda keberangkatannya dengan berbagai alasan.


"Bapak jemaah yang meninggal ini padahal tidak ada sakit. Tapi sejak bolak balik dengar kabar berangkatnya ditunda tak jelas dia sepertinya depresi, enggak keluar rumah sampai gak pernah lagi ke masjid. Tanggal 9 Mei meninggal dunia," ujarnya.


Pembatalan keberangkatan umrah tersebut diumumkan secara sepihak oleh agen travel umrah di Asahan. Menyakitkannya, para jemaah ini dikumpulkan pada tanggal 17 April dengan alasan akan diupah-upah. Namun, bukannya acara upah - upah yang didapat mereka malah mendengarkan pengumuman pembatalan keberangkatan.


"Alasan dibatalkan berangkat macam-macam, pertama katanya tidak dapat visa, terus alasan karena terlalu dekat dengan ibadah haji, sampai alasan terakhir itu katanya di sana lagi konflik perang. Kami ditakut-takuti seperti orang bodoh. Sementara kami perhatikan travel lain lancar berangkatnya tidak ada alasan seperti itu," ujarnya.


Alhasil, para jemaah haji yang sudah kecewa karena terus ditunda-tunda keberangkatannya ini sudah tidak semangat lagi mau pergi ibadah umrah sebab merasa ditipu dan mereka meminta dikembalikan uangnya.


Salah satu jemaah yang merasakan kekecewaan tersebut adalah Nursiah. Ia mengaku sangat malu dengan keluarga dan tetangga sekitar karena tidak jadi berangkat padahal sudah membuat acara syukuran dan mengundang banyak orang.


"Kami minta uangnya dikembalikan. Saya terus terang sudah tidak ada lagi semangat untuk pergi berangkat. Kalaupun mau pergi tidak pakai travel ini karena sudah tidak enak hati," ujarnya.


Hanya saja, permintaan para jemaah agar uang mereka dikembalikan tidak direspons. Malah kepala cabang travel umrah AM di Asahan itu yang bertanggungjawab atas belasan jamaah ini sedang pergi berangkat pergi haji. (*/hr)

Komentar

Tampilkan

  • Ngaku Ditipu Travel, Belasan Jemaah Umrah di Asahan Batal ke Tanah Suci
  • 0

Terkini

Topik Populer