-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Jelang Pilbup 2024, Bapacabup Samosir Mulai 'Cek Ombak'

Gimson Sitanggang, SE
08 April 2024, 21:24 WIB Last Updated 2024-04-08T14:24:42Z

Jelang Pilbup 2024, Bapacabup Samosir Mulai 'Cek Ombak'

Samosir | buser-investigasi.com


Bakal Pasangan Calon Bupati (Bapacabup) Kabupaten Samosir mulai memperkenalkan diri, walau terkesan masih malu-malu kucing. Setiap masing masing dari mereka berbeda cara untuk menggaet perhatian dari masyarakat. Diantaranya, ada yang hanya memasang baliho belaka tanpa ada embel-embel, ada juga memperkenalkan dirinya dengan giat menghadiri acara-acara gereja maupun acara adat, dan ada juga yang mempromosikan diri lewat punguan marga.


Dari isu yang beredar di tengah-tengah masyarakat Samosir, sepertinya mereka yang memperkenalkan diri masih enggan untuk menyatakan dirinya sebagai Calon Samosir 1, barangkali masih berpikir panjang untuk menyatakan dirinya siap bertarung dengan sang petahana. Menurut para pengamat politik, mereka justru sibuk merias diri agar tampak cantik dan seksi serta dapat memukau di mata sang petahana. 


Mereka-mereka putra-putra terbaik Samosir tersebut yakni, Vandiko Timoteus Gultom sebagai petahana yang berpasangan dengan Martua Sitanggang, walau belum jelas apakah mereka nantinya mencalonkan diri atau tidak. Sampai saat ini, pasangan dengan sebutan Vantas itu belum jelas apakah mereka masih tetap bersama untuk bertarung dengan sang penantang. 


Jimson Sitanggang, disebut-sebut juga akan tampil pada perhelatan politik nantinya. Dia adalah seorang pengusaha penginapan dan restoran di Aek Rangat Pangururan, di kaki gunung Pusuk Buhit serta Rumah Makan Padang di Harian Boho dekat dengan Patung Tuhan Yesus Kristus di Sibea-bea. Jimson dalam hal ini, memiliki modal awal, yaitu punguan Raja Sitempang Kabupaten Samosir yang memiliki DPT yang tidak bisa dipandang sebelah mata. 


Selanjutnya, Edison Sinaga, pengusaha ibukota, yang juga Ketua Umum PTSBB sedunia. Edison juga sudah pasti akan didukung oleh masyarakat keturunan dari PPTSB, yang juga memiliki DPT cukup lumayan. 


Selain itu masih disebut-sebut juga Josmar Naibaho, seorang juranalis senior di media SIB perwakilan Ibukota Jakarta, yang juga saudara Ketua Koperasi Makmur Mandiri yang mempunyai ratusan kantor cabang di seluruh Indonesia, dan juga pemilik pom bensin di pusat kota Pangururan. 


Seterusnya, tidak ketinggalan juga Jonner Simbolon anggota DPRD Kabupaten Samosir periode 2019-2024 politisi Partai Nasdem.


Terakkhir yang cukup menarik diperbincangkan orang adalah Freddy Situmorang seorang pengacara profesional di kota Medan yang didukung oleh Situmorang si-Pituama, yang juga marga yang memiliki jumlah besar di Samosir. 


Namun beredar juga analisa dari para pakar politik, bahwa Vandiko Gultom juga masih menjajagi pasangannya. Ada yang bilang akan berpasangan dengan Josmar Naibaho, Ketua Partai Gerindra Kabupaten Samosir. Josmar juga adalah tokoh yang dekat dengan Vandiko selama ini, dan sering juga disebut lingkaran dalamnya Vandiko baik dalam kebijakan.


Tapi hal yang sama juga diisukan banyak orang, bakal calon pasangan Vandico adalah Jonner Simbolon, karena Partai Nasdem selama ini pendukung utama Vandico, tetapi kecil kemungkinan menurut pihak tertentu sebab tidak mungkin satu partai.


Walaupun waktunya sudah mendekat untuk pengurusan administrasi, sampai sekarang belum ada yang secara terang-terangan menyatakan akan mencalonkan diri baik perorangan maupun kelompok tertentu. Bahkan partai politik kelihatannya masih menunggu.


Ada juga yang berpendapat, semua saling menunggu siapa yang punya kemampuan finansial, sebab dibandingkan tahun 2020 lalu, yang menurut banyak orang sungguh menakutkan untuk ikut bertarung di perhelatan politik Samosir. Bagaimana tidak, kata orang banyak, untuk memenangkan Samosir 1 harus mengeluarkan puluhan miliar, bahkan lebih. Sebab tidak banyak yang mampu dan mau menghabiskan uang hanya untuk jadi Bupati yang hanya lima tahun, karena menurut perhitungan tidak akan kembali modal.


Para pengusaha yang sehat pasti berpikir tiga kali menghabiskan hasil keringatnya untuk memperoleh kursi Bupati. Biasanya orang yang berani “membeli” kursi Bupati dengan biaya tinggi adalah mereka-mereka yang memperoleh dana dengan mudah tanpa memeras keringat. Tidak banyak seperti itu para pengusaha “putih”. Menurut para analis, yang mudah memperoleh kekayaan lalu mengukuhkannya maka perlu kerajaan atau kekuasaan” adalah mereka para “pedagang uang” atau yang mempunyai kedudukan untuk menumpuk kekayaan.


Bagaimana dan siapa nantinya yang akan ikut bertarung untuk memenangkan kursi Samosir 1, sementara Samosir 2 masih menunggu tokoh yang tampil termasuk seleksi administrasi. Karena yang baru muncul adalah mereka yang masih “cek ombak”.

Komentar

Tampilkan

  • Jelang Pilbup 2024, Bapacabup Samosir Mulai 'Cek Ombak'
  • 0

Terkini

Topik Populer