-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Gelar Rakor Persiapan Penetapan Perolehan Kursi Dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Yogyakarta

Gimson Sitanggang, SE
25 Mei 2024, 00:28 WIB Last Updated 2024-05-24T17:28:22Z

Gelar Rakor Persiapan Penetapan Perolehan Kursi Dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Yogyakarta

Yogyakarta- (DIY) buserinvestigasi. com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Yogyakarta Pemilu 2024, bertempat di Hotel Alana Malioboro, Kamis (23/5/2024). 


Rakor ini merupakan tindak lanjut setelah gugatan Caleg dari Partai Ummat, Anton Wahyudi, gugur di Mahkamah Konstitusi (MK).”Dua hari lalu MK sudah memutuskan gugatan dari Caleg atas nama Anton Wahyudi Partai Ummat gugur,” ungkap Ketua KPU Kota Yogyakarta, Noor Harsya Aryosamudro.


Harsya menjelaskan gugurnya gugatan dari Anton, karena syarat formal maupun material tidak terpenuhi. 


“Caleg tidak hadir, tidak ada kuasa hukum hadir,” ungkap Harsya.


Lanjutnya, dengan tidak hadirnya Caleg maupun kuasa hukum membuat gugatan gugur sebelum disidangkan.


"Artinya penghitungan rekapitulasi di TPS kota Yogyakarta tetap sesuai prosedur, dan sesuai yang telah ditetapkan," ujar Harsya 


Hari ini KPU Kota Yogyakarta mengadakan rapat koordinasi untuk Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Yogyakarta. Saat ini, KPU Kota Yogyakarta juga tinggal menunggu surat edaran KPU RI untuk mengadakan rapat pleno.


”Jadi kepastian setelah kami punya dasar hukum, surat edaran KPU RI, kami segera mengadakan rapat pleno. Kami sudah punya lampiran perolehan kursi calon terpilih, tapi kami masih menunggu surat edaran KPU RI untuk kapan mengadakan rapat pleno,” kata Harsya.


Beliau juga menjelaskan, dalam Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Yogyakarta, mengundang seluruh peserta Pemilu di Yogyakarta, terutama legislatif. Selain itu pihaknya juga mengundang Forkopimda di Kota Yogyakarta.


”Sehingga sebelum kami mengundang pleno terbuka penetapan, temen-temen Parpol, Forkopimda, mengetahui metode, caranya, Mencermati substansi penetapan pleno sudah termitigasi, sehingga kelancaran kesuksesan pleno akan dimitigasi sekarang ini,” jelas Harsya.


Dihubungi terpisah Setyaji Hermawan Caleg terpilih DPRD Kota Yogyakarta dari PPP menyampaikan apresiasinya atas kinerja KPU Kota Yogyakarta sebagai penyelenggara pemilu yang berhasil melaksanakan pemilu dengan baik. 


”Kami berikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada penyelenggara pemilu di Kota Yogyakarta, pemilu dan pileg berjalan dengan baik dan lancar, atas dukungan dari semua pihak, seperti TNI/POLRI Pemkot, teman-teman KPPS menjadi kunci suksesnya pemilu dan pileg,” tegasnya.


“Kami berharap semua tahapan pileg bisa di laksanakan dengan baik,sampai dengan nanti hari H pelantikan,” paparnya. (Raja)

Komentar

Tampilkan

  • Gelar Rakor Persiapan Penetapan Perolehan Kursi Dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Yogyakarta
  • 0

Terkini

Topik Populer