-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pemdes Bakaran Batu Gelar Punggahan, dan Santuni Anak Yatim

Gimson Sitanggang, SE
09 Maret 2024, 02:45 WIB Last Updated 2024-03-08T19:45:50Z

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pemdes Bakaran Batu Gelar Punggahan, dan Santuni Anak Yatim

Batang Kuis | buser-investigasi.com


Ramadhan sudah di depan mata, Bulan penuh ampunan yang dinanti-nanti umat islam di muka bumi. Kehadiran tamu agung (Ramadhan) yang ditunggu-tunggu umat islam sedunia ini penuh dengan berkah yang akan mengunjungi dirumah-rumah dan lingkungan kita sebulan lamanya.


Punggahan salah satu tradisi masyarakat muslim di Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramdhan.


Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pemdes Bakaran Batu Gelar Punggahan, dan Santuni Anak Yatim

Di Pemerintahan Desa (Pemdes) Bakaran Batu sendiri menggelar acara punggahan dan Silaturahmi serta menyantuni anak yatim yang diadakan di Aula Kantor Desa Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, Jumat (8/3/2024) malam.


Dalam Sambutannya, Kepala Desa Bakaran Batu Muslim Susanto menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama demi menjalin  kebersamaan di dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan Desa.


"Semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan, jadikan tradisi punggahan ini momentum bagi masyarakat khususnya warga Desa Bakaran Batu untuk mempererat kesatuan dan persatuan antar sesama, dalam hal ini warga menjadi berkumpul, saling menyapa dan saling bersilaturahmi, selain itu juga mempererat kerukunan warga dalam bermasyarakat," harapannya.


Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pemdes Bakaran Batu Gelar Punggahan, dan Santuni Anak Yatim

Dan saya juga berharap kepada petugas siskamling untuk tetap aktif dalam melaksanakan jaga malam secara bergiliran, karena kita lihat bisanya dalam situasi masuknya bulan puasa sampai lebaran banyak terjadi tindak pencurian.


"Mari kita tetap waspada dan perketat penjagaan, jangan dikasi ruang bagi pencuri dan penjahat lainnya," ucap Kades memotivasi warga.


Ditemapat yang sama H. Miswar Hasibuan yang mewakili Badan Kenaziran Mesjid Istiqomah mengucapkan, terimah kasih dan rasa senang atas inisiatif dari pemerintahan Desa yang telah melaksanakan acara silaturahmi  kepada masyarakat dalam memasuki bulan suci Ramadhan.


Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pemdes Bakaran Batu Gelar Punggahan, dan Santuni Anak Yatim

Acara di isi oleh penceramah Drs H Zainal Abidin, dalam tausiyahnya, ustadz mengucapkan Alhamdulillah. Segala puji hanya untuk-Nya. Penguasa alam semesta. Karunia-Nya tak terhingga, Shalawat dan salam teruntuk junjungan mulia, baginda Nabi Muhammad SAW. Semoga kita dapat mengikuti sunahnya.


Dalam ceramahnya, ustadz mengatakan, kini kita dinaungi bulan yang mulia, musim yang agung, yang di dalamnya Allah SWT melipatgandakan pahala dan memperbanyak pemberian, serta membukakan pintu-pintu kebaikan bagi semua orang yang menginginkannya.


"Bulan ini adalah bulan yang penuh kebaikan dan berkah, bulan pemberian dan kasih sayang, bulan yang diturunkan kepadanya Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai bukti mengenai bimbingan serta sebagai pembeda antara yang salah dan yang benar, juga bulan yang diliputi Rahmat, Ampunan, dan Keselamatan dari siksa neraka," Jelasnya.


Dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim dari sahabat Abu Hurairah bahwa Rasul SAW pernah bersabda, "Bila bulan Ramadhan datang maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka, serta diikatlah setan-setan."


Dibukanya pintu-pintu surga pada bulan ini disebabkan banyaknya amal sholeh yang dikerjakan orang, sekaligus untuk menggemarkan orang-orang beramal. Sedangkan ditutupnya pintu-pintu neraka dikarenakan sedikitnya kemaksiatan yang dilakukan oleh orang-orang beriman.


"Dibulan ramadhan ini perbanyak sedekah, kuatkan iman dan saling menjaga, menghormati antara umat beragama," pesannya mengakhiri.


Acara diakhiri dengan Do'a dan makan malam bersama, yang dihadiri 50 orang diantaranya, Kepala Desa Bakaran Batu Muslim Susanto, Bhabinkamtibmas Aiptu Adenen SH, Ketua BPD Rino, Ketua Pemuda Pancasila Khaidir Ginting, ketua BKM Masjid Amaliah Suharlilianto, Ketua BKM Masjid Istiqomah Sahlan Lubis, BKPRMI Desa Bakaran Batu, LPM, ketua perwiritan, FKDM, Seluruh Perangkat Desa Bakaran Batu, dan 12 orang anak yatim serta tokoh masyarakat dan tokoh agama. (w²n)

Komentar

Tampilkan

  • Sambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, Pemdes Bakaran Batu Gelar Punggahan, dan Santuni Anak Yatim
  • 0

Terkini

Topik Populer