-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Selesai Jalani Hukuman, Achiruddin Hasibuan Bebas

Gimson Sitanggang, SE
13 Februari 2024, 13:46 WIB Last Updated 2024-02-13T06:46:00Z
Selesai Jalani Hukuman,  Achiruddin Hasibuan Bebas

MEDAN | buser-investigasi.com


Achiruddin Hasibuan telah bebas dari Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medan. Bebasnya mantan polisi itu setelah masa hukuman 8 bulan penjara kasus penganiayaan terhadap Ken Admiral selesai dijalani.


Hal tersebut diungkapkan Penasihat Hukum (PH) Achiruddin Hasibuan saat dikonfirmasi Wartawan melalui sambungan seluler. 


"Sudah bebas. Lupa tanggalnya, tapi (sejak) bulan lalu (bebasnya)," ungkap Joko Pranata Situmeang, Senin (12/2/24).


Joko menerangkan bahwa kliennya itu kembali menghirup udara setelah menjalani pidana 8 bulan penjara yang diputuskan Pengadilan Tinggi (PT) Medan dalam putusan banding. 


Selain itu, lanjut Joko, Achiruddin Hasibuan juga telah membayar biaya restitusi (ganti rugi) sebesar Rp52.382.200 sebagai hukuman tambahan yang dibayarkan secara tanggung renteng dengan anaknya, yaitu Aditiya Abdul Ghani Hasibuan. "Sudah dibayar lunas (restitusinya) sewaktu Aditiya bebas," sebutnya.


Kendati demikian, saat ini 2 kasus yang menjerat Achiruddin Hasibuan, yaitu penganiayaan dan penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tengah bergulir di Mahkamah Agung (MA).


Bergulirnya kedua kasus tersebut di MA merupakan upaya hukum kasasi yang dilakukan Achiruddin Hasibuan maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU).


Saat disinggung soal putusan kasasi terhadap 2 kasus tersebut, Joko pun menyebut belum ada keluar putusan kasasinya dari MA. "Belum ada putus (kasasi)," sebut Joko. 


Diketahui, dalam kasus penganiayaan, Achiruddin Hasibuan semula divonis 6 bulan penjara dan membayar biaya restitusi sebesar Rp52.382.200 subsider 1 bulan penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang diketuai Oloan Silalahi.


Kemudian, merasa keberatan atas vonis tersebut, Achiruddin Hasibuan dan JPU pun mengajukan upaya hukum banding ke PT Medan. Dalam putusannya, Hakim Tinggi menjatuhkan hukuman Achiruddin Hasibuan dengan pidana 8 bulan penjara dan membayar biaya restitusi sebesar Rp52.382.200 subsider 1 bulan penjara.


Hakim PN Medan dan Hakim PT Medan meyakini Achiruddin terbukti bersalah melanggar Pasal 335 ayat (1) KUHP yang melakukan ancaman kekerasan terhadap orang lain sebagaimana dakwaan kedua subsider.


Sementara itu, dalam kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi, Achiruddin Hasibuan divonis bebas oleh Majelis Hakim PN Medan yang juga diketuai Oloan Silalahi. (Media)

Komentar

Tampilkan

  • Selesai Jalani Hukuman, Achiruddin Hasibuan Bebas
  • 0

Terkini

Topik Populer