-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Agro Wisata Paloh Naga di Deli Serdang Terbakar, Pernah Dikunjungi Sandiaga Uno

Gimson Sitanggang, SE
29 Februari 2024, 01:22 WIB Last Updated 2024-02-28T18:22:38Z
Agro Wisata Paloh Naga di Deli Serdang Terbakar, Pernah Dikunjungi Sandiaga Uno

LUBUKPAKAM | buser-investigasi.com


Agro Wisata Paloh Naga yang berada di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang habis ludes terbakar, Rabu (28/2/2024) sekira jam 13.00 WIB. Belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran.


Namun untuk sementara area wisata ini terbakar karena adanya korsleting listrik khususnya di area tempat dilaksanakannya pertunjukkan kesenian. 


Kepala Desa Denai Lama, Parnu mengatakan pada saat peristiwa kebakaran terjadi di sekitar lokasi sedang tidak ada orang.


Masyarakat baru tahu kejadian setelah api membesar dan menghanguskan semua bangunan fisik di lokasi wisata tersebut.


Karena hampir semua bangunan fisik lokasi wisata terbuat dari kayu dan tepas dengan sekejab habis dilalap api. Masyarakat pun tidak bisa berbuat banyak pada saat itu. 


"Taunya sekitar jam 13.30 WIB. Karena korsleting listrik pada bagian panggung. Sudah habis total termasuk mushola karena siang dan panas, apalagi banyak angin. Karena nggak ada orang kebetulan tadi," ujar Parnu. 


Parnu mengatakan Agro Wisata Paloh Naga ini dibangun sejak tahun 2017. Pengelolaannya dijalankan oleh pihak BUMDes Sastro 3-16. Di hari yang sama sebenarnya mereka sedang kedatangan tamu dari Kota Padang Sidempuan yang melakukan study tiru. 


"Pas ada kunjungan study tiru dari Padang Sidempuan sebenarnya. Dari yang Padang Sidempuan ke desa kita cuma diawal posisinya masih di sanggar. Nggak jadi study tiru ke lokasilah karena rencananya setelah habis makan siang baru ke lokasi," kata Parnu. 


Lokasi wisata Paloh Naga ini berada di areal persawahan yang ada di Desa Denai Lama dengan luas sekitar 35 hektare sawah. Untuk area yang terbakar di lahan daratan sekitar 1 hektare.


Lokasi Wisata ini termasuk menjadi salah satu lokasi wisata yang kerap kali datangi pejabat tinggi termasuk dalam hal ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. 


Agro Wisata Paloh Naga juga pernah juara 1 Lomba BUMDes Tingkat Sumatera Utara pada tahun 2022.


Karena ada beberapa wisata lain di Desa ini termasuk Pasar Kamu Kampoeng Lama membuat Desa Denai Lama termasuk satu di antara 100 nominasi Anugrah Pariwisata Indonesia (API) Award Tahun 2021. (tr/candra)

Komentar

Tampilkan

  • Agro Wisata Paloh Naga di Deli Serdang Terbakar, Pernah Dikunjungi Sandiaga Uno
  • 0

Terkini

Topik Populer