-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya

Gimson Sitanggang, SE
09 Desember 2023, 17:55 WIB Last Updated 2023-12-09T10:55:45Z

UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya 

Medan | buser-investigasi.com


Universitas Darma Agung (UDA) dan Akademi Pariwisata Perhotelan (APP) Darma Agung menggelar prosesi wisuda bersama yang digelar di Pardede Hall, Jl. DR TD Pardede, Kota Medan, Sumatera Utara. 


Sebanyak 1.153, wisudawan yang terdiri dari Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya, ikut ambil bagian dalam kegiatan yang di buka Ketua Senat Universitas Darma Agung Assoc. Prof. Dr. Gomgom TP Siregar, SH, MH. Sabtu (9/12/2023).


UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya 


Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung, Partahi Siregar, SH dalam kata sambutan tertulisnya mengatakan, kegiatan ini merupakan momen bersejarah, di mana 1.118 lulusan dari 22 program studi Universitas Darma Agung dan 35 lulusan dari APP Darma Agung siap melangkah ke tahap baru dalam hidup mereka. 


“Untuk itu, ucapan selamat yang tulus saya sampaikan kepada para wisudawan/i yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Darma Agung dan APP Darma Agung ini. Prestasi ini bukan hanya milik ananda sendiri, tetapi juga merupakan kebanggaan bagi almamater, keluarga, dan seluruh stakeholder yang telah turut serta dalam perjalanan pendidikan ini,” ucapnya.


UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya 


Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada orang tua, wali, suami atau istri dan keluarga wisudawan yang hadir pada prosesi tersebut.


“Bapak/Ibu adalah tiang yang kokoh, sumber inspirasi, dan penopang setiap langkah wisudawan/ti kita selama ini. Tanpa perjuangan dan cinta dari Bapak/Ibu, prestasi yang diraih hari ini tidak mungkin terwujud. Sebagai Ketua Yayasan Perguruan Darma Agung, saya merasa bangga melihat kemajuan dan prestasi yang telah diraih oleh para-alumni kita. Saya berharap Ananda semua dapat menjadi agen perubahan di berbagai lapisan masyarakat. Jadilah sosok yang memiliki integritas tinggi, keberanian untuk berinovasi, dan kepedulian terhadap sesama. Dengan ilmu yang telah Ananda peroleh, mari kita bersama-sama berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan masyarakat,” harapnya.


Ucapan terima kasih juga disampaikan Partahi kepada seluruh dosen dan tenaga pendidik yang telah memberikan dedikasi dan ilmu kepada generasi penerus. Menurutnya, dosen dan para pendidik adalah garda terdepan dalam mencetak sumber daya manusia unggul. 


“Saya berharap semangat keilmuan dan semangat pengabdian Bapak/Ibu terus berkobar. Teruslah menginspirasi dan membimbing generasi-generasi mendatang agar mampu bersaing di kancah global,” harap Partahi.


Ia turut mengemukakan, YPDA juga terus berkomitmen melalui kedua institusi ini untuk mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar dan masyarakat. 


“Kami mendorong keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengabdian masyarakat untuk mengasah kemampuan interpersonal dan kepemimpinan mereka,” ujarnya.


Menimpali hal tersebut, Rektor UDA Dr. Muhammad Ansori Lubis, SH, MM, M.Hum menyampaikan bahwa para alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keluarga besar Universitas Darma Agung. 


“Saya, selaku Rektor, merasa bangga dan bersyukur atas pencapaian yang telah diraih oleh para alumni saat ini.


Pada hari ini 8 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana, menghasilkan lulusan sebanyak 960 orang Strata 1 dan 1 orang Diploma III serta, program Pascasarjana sejumlah 157 orang Magister, 


Pada kesempatan ini, di antara lulusan yang diwisuda pada hari ini, akan saya perkenalkan 14 orang lulusan terbaik atau berprestasi, yaitu 1 wisudawan tingkat Universitas dan 8 wisudawan tingkat Fakultas serta 5 orang wisudawan tingkat Magister sehingga ditetapkan sebagai wisudawan terbaik pada wisuda Tahun 2023.


Mereka adalah


1. Agus Sefri Rosmalina Hia, Magister Ilmu Pemerintahan, NPM 21013121016, IPK 3,97


2. Rifhandi Rusli, Magister Ilmu Komunikasi, NPM 21012121003, IPK 4,00


3. Muhammad Sadin Ajie Muryasan, Magister Hukum, NPM 21021121025, IPK 3,95


4. Samsia Silitonga, Magister Manajemen, NPM 20033120013, IPK 4,00


5. Riama Evarida Pandjaitan, Magister Agribisnis, NPM 21061121001, IPK 3,96

 

Sedangkan Wisudawan Terbaik Tingkat Fakultas


1. Florentina Mawarta Br ginting, Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Komunikasi, NPM

19012111002, IPK 3,83


2. Priono Halawa, Ilmu Hukum, NPM19021111078, IPK 3,87


3.Vinche Innel Ketrint Manao, Ekonomi & BisnisAkuntansi (S1), NPM 19031111033, IPK 3,78


4. Realdy Silaban, Teknik Sipil, NPM 1904111104, IPK 3,44


5. Junita Sitorus, FKIP Pendidikan Agama Kristen, NPM 19052111015, IPK 3,83


6. Runding One Harapan Gea, Pertanian Agroteknologi, NPM 19061111017, IPK 3,74


7. Sari Asnah LaseI, Sastra Inggris, NPM 19071111016, IPK 3,67


8. Nisdarwati Wau, FIK Ilmu Keperawatan, NPM19081111004, IPK 3,79


Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas


1. Priono Halawa, Ilmu Hukum, NPM 19021111078, IPK 3,87


"Para wisudawan/wisudawati yang berbahagia, mari kita merenung sejenak tentang zaman yang sedang kita hadapi. Zaman ini adalah zaman yang dinamis, penuh perubahan, dan terus berkembang. Teknologi terus maju, tantangan global semakin kompleks, dan kebutuhan dunia akan sumber daya manusia yang unggul semakin meningkat. Oleh karena itu, sebagai lulusan Universitas Darma Agung, saudara/saudari tidak hanya sekadar mendapatkan gelar, tetapi juga tanggung jawab besar untuk membawa perubahan positif di masyarakat. Pendidikan yang saudara/saudari terima di sini bukan hanya tentang mencapai nilai tinggi di dalam kelas, tetapi juga tentang pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan zaman. Universitas Darma Agung selalu berusaha menyelaraskan kurikulum dengan perkembangan terkini agar para lulusan dapat menjadi insan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga siap menghadapidunia kerja yang dinamis,” ucapnya.


Tak lupa pula Anshori mengucapkan terima kasih kepada Kepada Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah I, Prof. Drs.Saiful Anwar Matondang, MA.,Ph.D yang turut hadir dalam wisuda tersebut. 


Direktur APP Darma Agung Ivan Benedict Tambunan, Amd.Par, SE, MM yang turut menyampaikan kata sambutan mengatakan, wisuda menandakan dua peristiwa penting dalam kehidupan para wisudawan. Di satu sisi, peristiwa penting ini adalah akhir dari perjuangan saudara dikampus, dan di sisi lain paling tidak untuk sebagian besar wisudawan merupakan awal memasuki perjuangan baru ditengah- tengah masyarakat atau menciptakan lapangan kerja di masyarakat.


“Saudara harus dapat memberikan yang terbaik di lingkungan tempat tinggal Saudara karena pada umumnya apabila kita sudah mencapai gelar kesarjanaan maka Saudara dituntut agar menjadi teladan di mata masyarakat.,” pesannya. 


Pada kesempatan ini, lanjut Ivan, pihaknya juga melantik Dr Andi Wete Polili, M.Hum sebagai alumni prodi usaha perjalanan wisata dan juga Rikki Hamdan Saragih yang tidak dapat hadir karena sedang menjalani program culture exchange (pertukaran budaya) di Miami, Amerika Serikat dan merupakan suatu kebanggaan yang mengharumkan nama Darma Agung. 


“Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung satu – satunya yang lulus/terpilih di Sumatera Utara tahun 2023 dalam program J1 Visa Amerika,” ujarnya bangga.


Kepala LL.DIKTI Wilayah I, Prof. Drs.Saiful Anwar Matondang, MA.,Ph.D berharap ke depan UDA bisa menjadi kampus yang unggul, setelah saat ini dinilai sudah menjadi yang terbaik.


"Apalagi UDA baru melahirkan satu lagi guru besar yang terhitung cepat yakni Prof Elisabeth Sitepu. Ini merupakan kebanggaan. Selain itu, satu lagi dari UDA juga sudah tercatat sebagai Lektor Kepala yakni Dr Anshori. Ke depan diharapkan UDA terus meningkatkan jumlah Lektor dan Lektor Kepala," sebutnya.


Sementara, itu Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu yang mewakili wisudawan pada kesempatan itu mengatakan, menempuh pendidikan di Universitas Darma Agung ini adalah sesuatu yang menjadi kebanggaan bagi kita semua. Disini kita dapat memperoleh banyak wawasan baru, secara khusus kami dapat memperoleh pengetahuan mengenai ilmu pemerintahan yang secara nyata juga dapat diterapkan dalam tugas kami sehari-hari. 


“Ada banyak hal yang dapat kami terapkan dalam menjalankan roda pemerintahan di Nias Utara, diantaranya kami belajar lebih lagi bagaimana menerapkan manajemen pemerintahan yang baik termasuk didalamnya mengelola dengan tepat sumber daya manusia, mendorong peningkatan perekonomian melalui pengembangan pariwisata, pemanfaatan dan pengusahaan sumber daya alam, dan dari sisi hukum, kami juga belajar bagaimana penerapan hukum dalam pemerintahan, termasuk sistem dan etika dalam dinamika politik dan manajemen kepemimpinan secara umum.,” ujarnya.


Dikatakannya, perkuliahan bukanlah hanya sekadar formalitas untuk mendapat gelar semata, tapi bagaimana pendidikan sejatinya meningkatkan wawasan dan ilmu yang berdaya guna dan secara nyata dapat dipraktekkan dalam profesi dan pekerjaan sehari-hari 


“Dapat kami sampaikan bahwa apa yang kami pelajari selama kurang lebih dua tahun ini bermanfaat dalam mendukung pekerjaan kami yang saat ini juga dipercayakan sebagai Bupati di Nias Utara.


Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu dosen sebagai tenaga pendidik yang telah banyak memberikan sharing ilmu bagi kami. Harapan kami kualitas akan terus dipertahankan bahkan lebih baik lagi di masa yang akan datang, sehingga almamater kita yang kita banggakan ini, akan menjadi kampus favorit tempat menimba ilmu bagi calon-calon mahasiswa ke depannya. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Rektor dan seluruh jajaran pihak kampus yang banyak membantu selama proses perkuliahan ini, administrasi yang mudah dan tidak dipersulit, menjadi hal yang berkesan baik bagi kami dan kiranya dapat terus dipertahankan sehingga Visi Universitas Darma Agung untuk menjadi universitas yang unggul, berjiwa kewirausahaan serta berdaya saing global dapat terwujud,” pungkasnya.


Sebagai penutup kegiatan, turut diserahkan plakat penghargaan kepada 7 pendidik UDA yang berprestasi, diantaranya


1. Prof Dr Elisabeth Sitepu, M.Si atas prestasi gelar profesor dalam bidang Pendidikan Agama Kristen


2. Dr Runggu Besmandala Napitupulu, SE, M.Si atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen


3. Dr Lamminar Hutabarat, SE, MM, atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen


4. Dr. Prietsawenny R. T. Simamora, S.Sos., M.Si, atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen


5. Dr Hiace Vega Fernando Siahaan, SS, M.Hum, atas raihan gelar doktor dalam bidang linguistik


6. Dr. Sabar LT Simatupang, MM, atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen pendidikan


7. Dr. Rudolf Silaban, S.Kom, MH atas raihan gelar doktor dalam bidang ilmu hukum 

(Red)

Komentar

Tampilkan

  • UDA dan APP Darma Agung Wisuda 1.153 Mahasiswa Pascasarjana, Sarjana dan Ahli Madya
  • 0

Terkini

Topik Populer