-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Polres Langkat Gelar Apel Operasi Lilin Toba 2023

Gimson Sitanggang, SE
21 Desember 2023, 14:30 WIB Last Updated 2023-12-22T08:12:05Z

Polres Langkat Gelar Apel Operasi Lilin Toba 2023

Langkat | buser-investigasi.com


Polres Langakat laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba-2023, Dalam Rangka mengecek persiapan dan kesiapan personil yang akan melaksanakan Pengamanan Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 Wilayah Hukum Polres Langkat di Lapangan Jananuraga Polres Langkat Kamis (21/12/2023) pagi.


Polres Langkat Gelar Apel Operasi Lilin Toba 2023


Bertindak sebagai Pimpinan Apel Waka Polres Langkat KOMPOL Dr. HENDRI N.D BARUS SH, SIK, MM. dan sebagai komandan Apel KBO Sat Lants IPDA ANDREAS SUWITO, SH, Perwira Upacara Kasat Lantas AKP Maruli Tua Simanjorang, SH.


Dalam Amanatnya Gelar Pasukan Dari Kapolri yang dibacakan, Waka Polres Langkat KOMPOL Dr. HENDRI N.D BARUS SH, SIK, MM. mengatakan Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunianya, kita masih diberi kesehatan serta kekuatan untuk menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2023 secara serentak di seluruh Indonesia.


Polres Langkat Gelar Apel Operasi Lilin Toba 2023


Ia juga mengatakan, Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpas yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 dapat berjalan dengan optimal.


lanjutnya, Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagai penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan Tahun Baru ini rutinitas tetapi apapun harus tetap direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok. 


Polres Langkat Gelar Apel Operasi Lilin Toba 2023


"Perayaan Nataru Tahun ini juga bertepatan dengan masa Kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi", ujarnya.


Pada Nataru tahun ini, Polri dan Stek holder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai.


"Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek dan wisata jangan sampai terjadi kemacetan, sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk, dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman", ucapnya Waka Polres Langkat tersebut.


Selanjutnya pada sisi Kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal Berlangsung dengan aman dan hikmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah di sterilisasi dan libatkan ormas² keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran Negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.


Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius, untuk itu kedepankan deteksi dini dan preventiv strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakukn penjagaan ketat pasa pusat keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian Tahun.


Kemudian guna mengantisipasi kejahatan konvensional, lakukan patroli rutin ada objek vital, pusat ekonomi dan wisata, daerah rawan kejahatan serta pemukiman, sosialisasikan kepada masyarakat yang akan berpergian pada waktu lama agar melapor kepada petugas setempat dan sediakan pelayanan penitipan kendaraan pada kantor² Kepolisian.


Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah lakukan monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga Bahan pokok, di himbau pelaku usaha agar tidak melakukan penimbunan stok, apabila diperlukan lakukan gakkum secara prosuderal, dan jangan sampai menggangu distribusi dan ketersediaan pangan dilapangan begitu juga dengan BBM, lakukan monitoring ketersediaan stok BBM dan berikan dukungan kepada pertamina agar dapat melayani masyarakat dengan baik.


Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan Terima kasih dan apresiasi setinggi - tingginya kepada seluruh personil pengamanan yang terdiri dari unsur TNI / Polri, kementrian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, BPJT, Sat Pol PP Dinas Perhubungan, Dinas kesehatan dan mitra kamtibmas lainnya, maupun seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023.


Saya mengucapkan Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti ruang Hati kita semua sehingga melahirkan semangat secara harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.


selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan pendukung Ops Lilin Toba 2023 oleh pimpinan Apel dan diikuti oleh Unsur Forkopimda.


dari pantaun awak media, Apel Gelar Pasukan OPS LILIN 2023 dihadiri yakni, Plt. Bupati Langkat diwakili oleh Kadis Perhubungan : Arie Ramadhany, S.IP, M.SP, Dandim 0203 / LKT diwakili DAN RAMIL 07 Stabat :Kapten INF Edi Susanto., Kepala BNNK Langkat AKBP S. Bangko,S.H., M.B.A, Ketua DPRD Langkat di wakili Ahmad Senang DAN SUBDENPOM P. Berandan Kapten CPM Erlianto., Kakan Kemenag H. Ainul Aswad, MA, Kajari Langkat Di wakili Kasi Intel : Sabri Fitriansyah Marbun, SH., Para PJU Polres Langkat, Para Kapolsek jajaran Polres Langkat, Plt.Kalak BPBD Langkat H.M.Ansyari,M.Kes., Pimpinan Kepala Jasa Raharja, Stabat, Kab. Langkat: Hendrik Hidayat, Kadis Perindag di wakili Syamsul Adha, S.STP, M.Ikom.,l Kasat Pol PP di wakili Saiful Bahri, SE SH S.Sos MM MPSi,, Kadis Kesehatan di wakili : Dahlia Rosa., Ketua PWI Langkat : Darwis Sinulingga.


Personil Peserta Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba - 2022 terdiri dari: Personil KODIM 0203 /LKT, YONIF 8 Marinir Harimau Putih, SAT POL AIRUD RES Langkat, SAT LANTAS, SAT Samapta, SAT RES/Intel, Dishub, Sat Pol PP, BNPB, Dinas Kesehatan. (candra)

Komentar

Tampilkan

  • Polres Langkat Gelar Apel Operasi Lilin Toba 2023
  • 0

Terkini

Topik Populer