-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Hari Guru & HUT ke-78 PGRI, Plt Bupati: Guru Nakhoda Kapal Wujudkan Merdeka Belajar

Gimson Sitanggang, SE
25 November 2023, 18:00 WIB Last Updated 2023-11-25T18:25:27Z

Hari Guru & HUT ke-78 PGRI, Plt Bupati: Guru Nakhoda Kapal Wujudkan Merdeka Belajar

DELI SERDANG | buser-investigasi.com

 Ribuan guru se-Kabupaten Deli Serdang mengikuti Upacara Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2023 Tingkat Deli Serdang di Lapangan Sepakbola Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Sabtu (25/11/2023).


Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) tampak mengenakan pakaian khas Melayu. Sedangkan para peserta upacara juga memakai pakaian adat dan PGRI.


Hari Guru & HUT ke-78 PGRI, Plt Bupati: Guru Nakhoda Kapal Wujudkan Merdeka Belajar


Membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim BA MBA, Plt Bupati mengatakan guru merupakan nakhoda kapal yang akan mengarahkan pendidikan Indonesia pada tujuan Merdeka Belajar.


"Saya optimis semua pendidik di seluruh Indonesia akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir," ucap Plt Bupati.


Tahun pertama Merdeka Belajar, Kemendikbud Ristek menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan pada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Penerapan Asessmen Nasional agar semua fokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.


Di tahun berikutnya, diluncurkan Kurikulum Merdeka. Jika Asessmen Nasional mengukur tujuan perubahan, Kurikulum Merdeka memberi petunjuk untuk mencapai tujuan itu. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid, mengurangi pengurangan pada jumlah materi, dan menekankan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.


Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.


Selanjutnya, terobosan besar yang dihadirkan adalah dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.


Terakhir adalah mencapai target satu juta guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.


"Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, mari rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar. Selamat Hari Guru Nasional!" ucap Plt Bupati pada upacara yang dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para guru berprestasi dan tropy kepada pemenang lomba tersebut.


Penerima piagam penghargaan yang diserahkan Plt Bupati tersebut, antara lain Siska Apulina Perangin-angin, pada unit kerja UPT SPF SMPN 2 Sibolangit dengan Capaian Prestasi Duta Teknologi Kemendikbud Ristek 2023; Jumiati SPd, pada unit kerja TK Maitreyawira dengan prestasi GTK Inovatif guru TK; Zaitu Azura SPd, unit kerja TK IT Bunaiya 7 dengan prestasi GTK Inovatif guru TK; Herlina SPd, unit kerja KB Maitreyawira dengan prestasi GTK Inovatif guru PAUD; Dewi Iriani Simamora SPd, unit kerja Penilik Deli Serdang dengan prestasi GTK Inovatif Penilik; Sri Dewi Kesuma Ningayu SPd MSi, unit kerja Penilik Deli Serdang dengan prestasi GTK Inovatif Penilik; Wike Nur Febriani SPd, unit kerja SMP IT Al Jawahir dengan prestasi GTK Inovatif SMP; Wahyu Hidayat SPdI, unit kerja UPT SPF SMPN 3 Pantai Labu dengan prestasi GTK Inovatif guru pembimbing khusus; Efyana Lestari SPd Aud. MPsi, unit kerja TK Negeri Pembina Sibolangit dengan prestasi GTK Inovatif Kepala TK; Hengky Luis SE Gr MPd, unit kerja SMP Maitreyawira dengan prestasi GTK Inovatif Kepala SMP; Rusti Lumbangaol SPd MPd, unit kerja Dinas Pendidikan dengan prestasi GTK Inovatif pengawas Dikdas; Surya Darma, unit kerja UPT SPF SMPN 3 Labuhan Deli dengan prestasi Juara I Lomba Inovasi Pembelajaran; M Fuad Asbi SPdI, pada unit kerja SMPN 1 Hamparan Perak dengan prestasi Juara II Lomba Inovasi Pembelajaran dan Tri Ningsih SPd Gr, UPT SPF SMPN 3 Pantai Labu dengan prestasi Juara III Lomba Inovasi Pembelajaran. 


Diiserahkan juga pemenang lomba paduan suara, cipta dan baca puisi serta Inovasi Pembelajaran.


Setelah selesai upacara, Plt Bupati kemudian membuka Expo Pendidikan Kecamatan Sunggal Tahun 2023 yang diselenggarakan Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Sunggal di lokasi yang sama.


"Perayaan HGN dan HUT ke-78 PGRI Tahun 2023 yang kita selenggarakan hari ini tampak berbeda dengan tahun-tahun lalu. Biasanya dilakukan di ibukota Kabupaten Deli Serdang, Lubuk Pakam," kata Plt Bupati.


Menjawab hal itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Yudh Hilmawan SE MM menuturkan diselenggarakannya kegiatan itu tidak di Lubuk Pakam, melainkan di Sunggal adalah agar tidak monoton dan mencari suasana baru.


Plt Bupati berharap perayaan yang sama bisa dilakukan di kecamatan lainnya.


"Bila perlu kegiatan dilakukan di Kecamatan Gunung Meriah. Di sana sudah ada tempat wisata. Kalau hanya ingin mengambil udara sejuk, tidak perlu ke tempat lain, di gunung meriah bisa kita merasakan udara sejuk," sebut Plt Bupati. 


Turut hadir pada upacara dan pembukaan Expo Pendidikan tersebut, Plt Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar; anggota DPRD Deli Serdang, Wahyu Danin SE; Sekretaris Daerah (Sekda), H Timur Tumanggor SSos MAP bersama Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Hj Boya Timur Tumanggor; para staf ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Sunggal, Danang Purnama Yuda SSTP beserta Muspika, camat se-Deli Serdang, kepala desa seKecamatan Sunggal; Ketua PGRI Deli Serdang, H Jumakir MPd dan lainnya.( Candra )

Komentar

Tampilkan

  • Hari Guru & HUT ke-78 PGRI, Plt Bupati: Guru Nakhoda Kapal Wujudkan Merdeka Belajar
  • 0

Terkini

Topik Populer